Selasa, 13 Juni 2017

persiapkan kolam tanah ikan nila

kunoh-kunoh basis yang sesegera bisa jadi diperhatikan dalam sistem mempersiapkan kolam. kolam sedengan cepat bisa jadi dijemur untuk dikeringkan. penjemuran dilsayakan sepanjang sepanjang 3-7 hari, tergantung lebih cerahnya cahaya matahari. kalau permukaan tanah sudah terlihat retidak-retidak tersebutkan tanah sudah cukup untuk dijemur, namun jangan sampai terlalu mengeras. kalau saat diinjak masih memberikan jejak kaki sedalam 1-2 cm. kunoh selanjutnya, permukaan tanah dicangkul atau dibajak sedalam kurang lebih 10 cm, kerikil, sampah serta kotoran yang tidak diharapkan lainnya sedengan cepat bisa jadi dibersihkan dari basis kolam. lumpur hitam yang berbau busuk juga sedengan cepat bisa jadi dibersihkan atu dilenyapkan.
kolam yang sudah terpakai kebiasaannya terdapat keassafe tinggi atau ph rendah, kurang dari 6. keadanyaan ph yang baik untuk budidaya ikan nila terletidaknya terhadanyapnya kisaran 7-8. ph dapat dinetralkan dengan cara diberikan pengapuran dengan kapur pertanian atau donlomit. dosis pengapuran sedengan cepat bisa jadi di adanyaptasikan dengan tingkat keassafe tanah. untuk ukuran ph tanah 6 sebanyak 500 kg/ha, serta untuk ph tanah 5-6 sebanyak 500-1500 kg/ha, ph tanah 4-5 sebanyak 1-3 ton/ha.
 kapur diaduk dengan merata, usahakan kapur menyerap kedalam permukaan tanah sedalam 10 cm. selanjutnya kolam didiamkan kira-kira  2-3 hari.
selanjutnya khasiatkan pupuk organik sebagai pupuk penunjang, seperti pupuk kompos. sasaran pemberian pupuk organik adanyalah untuk mengembalikan kesuburan tanah, dosisnya sebanyak 1-2 ton per hektar.
penebaran pupuk sedengan cepat bisa jadi secara merata di dimpianr kolam. izinkan sepanjang 1-2 minggu. selanjutnya, kalau kira-kira perlu dapat ditambahkan dengan pupuk kimia berupa urea 50-70 kg/ha serta tsp 25-30 kg/ha, membinfokan juga sepanjang 1-2 hari. kalau dapat pemberian pupuk untuk menyuntik nutrisi bagi tumbuhan renik serta hewan yang terletidaknya di sekitaran kolam. sesampai tumbuhan yang asertaya tersebut dapat untuk pakan alami atau tersebutkannan alami.

kolam sudah dapat diisikan air. pengisian diusahakan dengan cara bertahap. pertama, masukkan air sedalam 10-20 cm kedalam kolam. izinkan sepanjang 3-5 hari ,izinkan juga matahari menembus ke basis kolam, seluruh tahapan itu untuk menumbuhkan ganggang atau organisme air lainnya. lalu isikan air sampai ketinggian mencapai 60-75 cm.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar