Senin, 12 Juni 2017

penebaran benih gurame

penebaran benih gurame
cara penebaran benih / bibit ikan gurame :
penebaran benih gurame sebelum benih di tebar perlu adaptasi atau dikatakan di biasakan dengan keadaan kualitas air lingkungan,  agar benih ikan gurame tidak dalam kondisi yang stres ketika terletidaknya dalam kolam. cara adaptasi: benih gurame yang masih terbungkus dalam plastik yang masih tertutup plastik dimasukan kedalam kolam, izinkan sampai dinding plastik mengembun. tunggu 10 – 15 menit setelah itu ikan dimasukkan kedalam kolam.
sistem selanjutnya ikan gurame tidak lain merupakan jenis ikan pemakan tumbuhan ( herbivora ).akan tetetetapi ketika terhadapnya ukuran  benih ikan gurame bersipat carnivora, oleh sebab itu jenis pakan yang dikasikan padanya waktu gurame ukuran benih yaitu berupa kutu air ( daphnia ), cacing sutra dll. sifat herbivora terhadapnya ikan gurame yaitu berpribadi ketika ikan gurame sudah tuhan.
buat ukuran tuhansa ikan gurame di memberi pelet serta sayur – sayuran. dengan kandungan protein 25 % sampai dengan 30 % padanya  pelet. Aser tayapun jenis pakan yang bimpian dikasikan terhadapnya ikan gurame yaitu sebagai berikut : daun talas/ daun keladi, daun sente , daun singkong, daun kangkung, daun ubi jalar, daun pepaya. pemberian dilaksanakan secara teratur serta secara bergantian. walau ikan gurame cukup tahan dengan air yang tidak baik tetapi air perlu dibersihkan serta diganti sebagiankah ( 30 % ) secara periodik. pengurasan dilaksanakan satu minggu sekali dengan melaksanakan shift pond. air disedot keluar dengan selang atau pompa, kotoran keluar melalui selang tersebut, sesudah itu di isi kembali dengan air baru. lebih indah lagi bila kolam dikasi aerator atau filter buat menambah kasertayar oksigen serta membersihkan kotoran secara otomatis.

buat pendederan berikutnya  bersihkan kolam dari lumut serta kotoran sampai benar-benar bersih lalu di cat pakai air kapur terus di keringkan.satu hari sesudah itu isi  air dengan kedalaman 30-40 cm.serta dikasi probiotik penumbuh plangton. ihwal dialasannya adanyalahkan makanan ikan gurame sebagiankah besar dibisai dari makanan tambahan atau buatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar