Jumat, 16 Juni 2017

ganti air merawat ikan cupang

pengolahan air sangat penting agar cupang tetap sehat. ganti air 50% sebaiknya diaplikasikan setiap hari, sesemakin acapkali air diganti pertumbuhan ikan cupang akan sesesemakin cepat. limit aporisma pergantian air 3 hari. caranya cukup menyedot dengan selang plastik.
seminggu sekali air diganti total. botol atau wadanyah dicuci bersih sesudah itu dijemur agar kuman-kumannya mati. cara lain buat membunh cendawanatau bakteri dengan merendam wasertayah itu dengan larutan pk dosis tinggi selama 1-2 jam. sesudah itu wasertayah dicuci dengan bersih serta dijemur.
terlambat mengganti air mengyang akan terjadikan penyakit. residu pakan serta kotoran cupang yang mengendap di dkeinginanr air dapakaht mengyang akan terjadikan penyakit misalnya: white spot , velvet, busung serta berak puti
cara sederhana buat mengobati penyakit tersebut dengan memasukan 1 sendok teh garam dapur ke dalam wadanyah, atau ikan dimasukan ke dalam baskom yang sudah dibubuhi garam dapur, dosis 2-3 sendok makan setiap liter. phasratl reaksi cepat , perendaman ikan yang sakit tidak perlu lama.
ciri serangan velvet sirip ikan hias menguncup. pengakibatnya merupakan parasit saproglenia sp. cara pengobatan dengan memberi obat anti bakteri seperti blitch itch, dosis 2 tetes per 4 liter air. sesudah itu bubuhi 4 sendok makan garam. ikan dimasukan ke dalam larutan itu selama 10 menit, selanjutnya ikan dipcantik ke 4 wasertayah lain dengan konsentrasi obat sesemakin berkurang.
cara lain dengan pemberian obat anti bakteri, seperti fismate atau root stop . konsentrasi 0.3-0.5 ml/menit. ikan diizinkan selama 30 menit, sesudah itu masukan ikan kedalam air yang sudah di campur dengan antibiotika, seperti furazolidon, tetracycline, serta octazin selama 2-3 jam. dosis yang dianjurkan setiap tablet 250 g dilarutkan kedalam 20 liter air.
penyakit busung susa sembuh ciri-cirinya yang diserang organ dalam, bikeinginannya hanya dit kaui dengan perut ikan tampak membuncit. pengakibatnya bekteri salmonella sp. pengobatannya dengan merendam ikan swlama 1-2 jam ke dalam larutan flagil 500.
berak putih diperlukan cacing ascaris sp. ia tidak mengyang akan terjadikan kematian, tetetetapi pertumbuhan ikan serta warna ikan terhambat. cara pengobatan dengan obat cacing, seperti verominox atau worm x , dosis 1 tetes per 5 liter air. sesudah perlakukan selama 1 minggu ikan akan pulih kembali.
walaupun banyak obat-obatan di toko ikan ,menprevent jauh lebih baik dariterhadapnya pengobatan. perawatan secara wasterhadapnya serta teratur, seperti pakan serta mengganti air teratur dapakaht menprevent penyakit. salah perawatan dapakaht membuat ikan “jagoan” kalah sebelum bertanding.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar